• Rabu, 27 Oktober 2021

3 Korban Pesawat Rimbun Air PK-OTW Telah Ditemukan

- Jumat, 17 September 2021 | 18:05 WIB
Pesawat Rimbun Air Yang Kecelakaan Telah Ditemukan
Pesawat Rimbun Air Yang Kecelakaan Telah Ditemukan

Bicaralah.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) disebut telah memulai proses investigasi terkait jatuhnya pesawat Rimbun Air PK-OTW di kawasan Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada Rabu (15/9).

Rimbun Air sendiri merupakan salah satu maskapai yang melayani penerbangan jarak dekat di kawasan terpencil Indonesia, salah satunya Papua. Pesawat Rimbun Air milik maskapai tersebut jatuh di Gunung Wabu Sugapa Papua.

Pesawat Rimbun Air milik maskapai PT Rimbun Abadi Aviasi. Maskapai berada di bawah induk usaha PT Menara Grand Papua dan didirikan pada tahun 2018.

Black box berisi data penerbangan yang bisa digunakan untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat itu telah ditemukan Tim SAR gabungan dan diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Walaupun (black box) kita temukan, tetapi rasa belasungkawa juga masih kita rasakan. Mudah-mudahan dengan temuan black box ini bisa menjawab ini," kata George.

Demikian kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George Mercy L Randang melalui keterangan Pers di Kantor UPBU Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, Papua pada Jumat, (17/9) Sore.

Menurut George, dengan temuan tiga jenazah serta black box itu, operasi pencarian pesawat Rimbun Air PK-OTW dinyatakan selesai.

Lokasi pesawat ditemukan di hutan yang berjarak sekitar 800 meter dari Bandara Bilogai. Tiga korban yang meninggal adalah pilot Mirza, kopilot Fajar, dan teknisi Iswahyudi.

Seluruh target operasi, kata Mercy, sudah ditemukan. "Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan TNI, Polri, semua unsur, serta masyarakat Sugapa yang membantu pencarian hingga evakuasi seluruh korban," jelasnya.

Penyebab jatuhnya pesawat tersebut diduga karena kondisi cuaca buruk. Pesawat Rimbun Air sempat mencoba mendarat atau landing di Bandara Bilorai. Namun, tidak berhasil karena landasan tertutup kabut tebal.

Kemudian, pesawat kembali naik dan berputar untuk mencoba mendarat lagi kedua kalinya. Tetapi, percobaan itu gagal dan kemudian terdengar suara pesawat gemuruh di gunung, pesawat jatuh.

Editor: Hendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ramalan Cupu Panjala Akan Dilaksanakan Malam Ini

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:27 WIB

Hindari Ganjil Genap, Wisatawan Memilih Jalur Alternatif

Minggu, 26 September 2021 | 12:58 WIB

Hilang 6 Hari, Pendaki Gunung Guntur Ditemukan Selamat

Sabtu, 25 September 2021 | 15:46 WIB

Aturan Ganjil Genap di Kawasan Pantai Sanur

Sabtu, 25 September 2021 | 15:23 WIB

Aparat Keamanan Terus Lakukan Evakuasi Warga di Kiwirok

Sabtu, 25 September 2021 | 11:45 WIB

Kuda Poni Ditangkap Saat Sedang Live Bugil di Medsos

Selasa, 21 September 2021 | 11:10 WIB

Heboh Sekuriti Raba Pengunjung Supermarket!

Sabtu, 18 September 2021 | 16:25 WIB

Wisatawan Boleh Datang ke Candi Borobudur, Tapi..?

Sabtu, 18 September 2021 | 13:43 WIB
X