• Sabtu, 4 Desember 2021

Ketika Ibas Bicara Utang Negara yang Jor-Joran untuk Infrastruktur

- Senin, 18 Oktober 2021 | 11:04 WIB
Ibas
Ibas

Bicaralah.com - Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, menilai, meski ekonomi nasional dalam keterbatasan, semestinya pembangunan daerah tetap berlanjut.

Memang, diakui pria yang karib disapa Ibas ini, rencana pembangunan infrastruktur daerah dalam dua tahun terakhir ini menjadi terhambat karena pandemi Covid-19. Beberapa refocusing anggaran dialihkan untuk penanganan pandemi karena sangat mendesak, menyangkut nyawa dan keselamatan masyarakat.

“Kita ingin penanganan Covid-19 dan dampaknya segera teratasi. Kita ingin pembangunan infrastruktur juga kembali berjalan berkelanjutan,” kata Ibas, Senin (18/10/2021).

Baca Juga: Rizal Ramli: China Kasih Utang Besar ke Indonesia Agar Asetnya Bisa Dimiliki

Namun demikian, Ibas mengingatkan pentingnya pembangunan prioritas, sehingga anggaran tidak terkuras habis akibat utang yang jumlahnya fantastis. Selain itu, juga harus menjaga keberlanjutan fiskal antargenerasi.

“Kita tidak ingin tertinggal, tapi kita juga tidak ingin anggaran negara terkuras habis akibat utang yang terlalu jor-joran hanya untuk pembangunan infrastruktur saja," katanya.

Baca Juga: Utang Pemerintah Hampir Sentuh Rp 7.000 Triliun, Pertumbuhan Ekonomi Kok Tetap Lesu?

“Mengapa? Kita tidak ingin ‘besar pasak daripada tiang’ dan terpenting adalah kita harus menjaga keberlanjutan keuangan (fiskal) antargenerasi ke depan,” tandas Ibas.

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

Utang Luar Negeri Indonesia Naik Jadi Rp 6.026 Triliun

Senin, 15 November 2021 | 12:35 WIB

Pemerintah Harus Transparan Soal Harga Modal PCR

Senin, 8 November 2021 | 11:25 WIB
X