• Rabu, 27 Oktober 2021

Amerika Serikat Bakal Berikan 15 Juta USD Bagi yang Berhasil Tangkap Bos Kartel Sinaloa Meksiko

- Jumat, 24 September 2021 | 13:59 WIB
Pemimpin Kartel Sinaloa Ismael ‘El Mayo’ Zambada Garcia
Pemimpin Kartel Sinaloa Ismael ‘El Mayo’ Zambada Garcia

Bicaralah.com - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat meningkatkan jumlah hadiah bagi pihak yang berhasil memberikan informasi mengenai keberadaan pemimpin Kartel Sinaloa Ismael ‘El Mayo’ Zambada Garcia, bandar narkotika asal Meksiko.

Sebelumnya, Amerika Serikat menjanjikan akan memberikan hadiah sebesar 5 juta dolar bagi pihak yang bisa memberikan informasi keberadaan mantan pekerja lapangan opium berusia 73 tahun yang dianggap sebagai bos kartel sejak Joaquín ‘El Chapo’ Guzman ditangkap pada 2016 itu. Kini, hadiahnya ditingkatkan tiga kali lipat menjadi 15 juta dolar AS (setara 213,7 miliar rupiah) untuk setiap informasi.

Hadiah tersebut ditawarkan di bawah Program Hadiah Narkotika Departemen Luar Negeri, atau NRP.

“Zambada Garcia adalah mitra bisnis lama dari terpidana pemimpin Kartel Sinaloa Joaquin Guzman Loera, juga dikenal sebagai, 'El Chapo' dan didakwa dalam beberapa dakwaan AS bersama dengan El Chapo dan putra-putranya. Peningkatan itu sepadan dengan status kepemimpinannya di Kartel Sinaloa,” kata Deplu AS, seperti dikutip dari Mexico News, Jumat (24/9).

“Penawaran hadiah ini secara langsung melengkapi penunjukan turunan yang diumumkan hari ini oleh Departemen Keuangan. Bersama-sama, tindakan ini merupakan bagian dari upaya seluruh pemerintah untuk memerangi perdagangan narkoba dan kejahatan terorganisir transnasional secara global dan di Meksiko.”

Ada desas-desus yang mengatakan bahwa bahwa Zambada saat ini bersembunyi di pegunungan Meksiko utara seperti yang dia akui dalam sebuah wawancara tahun 2010 di mana dirinya mengaku telah memiliki seorang istri, lima teman wanita lainnya, 15 cucu dan satu cicit.

“Enam dari mereka ada di sini, di peternakan saya, mereka adalah putri gunung karena saya adalah putra gunung. Gunung adalah rumah saya, perlindungan saya, tanah saya,” kata Zambada.

“Apakah kamu akan ditangkap?” tanya seorang wartawan dari majalah berita Proceso . “(Itu bisa terjadi) kapan saja, atau tidak sama sekali,” kata El Mayo.

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

KPK Periksa 18 Saksi Terkait Kasus Bupati Puput

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:51 WIB

Dodi Reza Alex Noerdin Terjaring OTT KPK?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:19 WIB

KPK Gelar OTT di Musi Banyuasin

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:13 WIB

Arsul Sani: Pinjol Ilegal Lebih Sadis dari Rentenir

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:33 WIB

Polri Tangani 371 Kasus Pinjol Ilegal Sepanjang 2021

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:44 WIB

Polri Siap Tampung Mantan Pegawai KPK yang Gagal TWK

Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:01 WIB
X