• Rabu, 27 Oktober 2021

Komisi III DPR RI Minta Bareskrim Polri Tuntaskan Kasus Ayah Perkosa Tiga Anak Kandung

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:42 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan
Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan

Bicaralah.com - Komisi III DPR RI berkomitmen akan mengawal kasus ayah perkosa tiga anak hingga tuntas. Saat ini, tim Bareskrim Polri telah diturunkan untuk mengaudit proses hukum yang telah dilakukan Polres Luwu Timur.

"Terkait pencabulan tiga anak oleh orangtua kandung ini kan sudah menjadi atensi yang serius. Tidak hanya ketua komisi. Ibu ketua DPR juga memerintahkan kami semua mengawal proses hukum itu," tegas Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan saat kunjungan di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (12/10/2021).

"Intinya bagaimana pencari keadilan bagaimana bisa mendapat rasa keadilan. Yang kedua hukum juga tetap ditegakkan," imbuh pria yang juga anggota DPR dari Fraksi PDIP itu.

Baca Juga: Kasus Ayah Perkosa Anak Kandung Dihentikan Polisi, IPW: Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga

Oleh karena itu, Arteria meminta tim Bareskrim Polri untuk bisa mengkaji perkara tersebut secara jeli. Menurutnya, jika nantinya memang ditemukan bukti baru, maka polisi harus membuka kasus tersebut kembali.

"Makanya kita mencari dan dan meminta instansi yang lebih tinggi. Dalam hal ini Bareskrim untuk melihat dan mengkaji perkara ini ke depan. Ya, apabila ada ditemukan alat bukti baru kan menjadi pencermatan teman-teman di Bareskrim," jelasnya.

"Polrinya juga sudah bekerja tapi tidak elok mengatakan bahwa apa-apa yang dikerjakan itu bermasalah. Makanya kita lebih mengedepankan tidak mencari yang salah siapa. Tapi kami ingin lebih memeriksa yang lebih komprehensif. Ini akan menjadi isu nasional dan akan dikawal," tandas Arteria.

Tim Bareskrim diturunkan untuk melakukan audit dari proses hukum yang telah dilakukan Polres Luwu Timur terkait kasus dugaan ayah perkosa 3 anaknya yang masih di bawah umur.

"Bareskrim Polri telah menurunkan satu tim ke Polda Sulsel, khususnya di Polres Luwu Timur, di mana tim tersebut akan melakukan audit terhadap langkah-langkah kepolisian yang telah dilakukan oleh penyidik di dalam menangani kasus ini," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Minggu (10/10/2021).

Selain melakukan audit, tim dari Bareskrim Polri juga akan memberikan asistensi terhadap kasus 'ayah perkosa 3 anak' ini. Rusdi mengatakan asistensi tersebut diberikan kepada penyidik jika kasus pemerkosaan itu dibuka kembali.

Halaman:

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

KPK Periksa 18 Saksi Terkait Kasus Bupati Puput

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:51 WIB

Dodi Reza Alex Noerdin Terjaring OTT KPK?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:19 WIB

KPK Gelar OTT di Musi Banyuasin

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:13 WIB

Arsul Sani: Pinjol Ilegal Lebih Sadis dari Rentenir

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:33 WIB

Polri Tangani 371 Kasus Pinjol Ilegal Sepanjang 2021

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:44 WIB

Polri Siap Tampung Mantan Pegawai KPK yang Gagal TWK

Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:01 WIB
X