• Rabu, 27 Oktober 2021

Pinjol Ilegal Sebabkan Psikis Orang Terganggu, Polisi dan OJK Harus Tindak Tegas

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:04 WIB
Ilustrasi pinjaman online
Ilustrasi pinjaman online

Bicaralah.com - Aparat Polri dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diminta menindak tegas pelaku penipuan pinjaman online (pinjol) ilegal yang sudah meresahkan masyarakat.

Menurut Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, pinjol ilegal adalah masalah serius. Bukan sekadar ekonomi, tapi banyak masyarakat terjebak pinjol dan menyebabkan terjadinya gangguan psikis, depresi sampai bunuh diri.

"Oleh karenanya, saya meminta Polri dan OJK untuk menindak tegas serta memberantas maraknya penipuan pinjol ilegal tersebut," kata Sufmi Dasco kepada wartawan, Rabu (13/10/2021).

Perkembangan teknologi saat ini, kata Dasco, marak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan malakukan aksi-aksi penipuan seperti dengan modus pinjaman online.

Baca Juga: Para Pencari Keadilan Korban Pinjol dan Wajah Persidangan di Masa Pandemik

Bukan hanya operator atau pelaku penipuan saja, Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini juga memandang perlu ada pengusutan kepada siapa yang menjadi investor dari pinjol ilegal.

"Saya pikir, tidak hanya pelaku ya, tetapi pihak kepolisian juga harus memberikan efek jera kepada para investor dari pinjaman online ilegal yang kerap melakukan aksi teror kepada masyarakat yang menjadi korban pinjol," tegasnya.

Dasco menambahkan, maraknya pinjol ilegal juga harus menjadi indikator bagi otoritas keuangan untuk instrospeksi dan melakukan evaluasi bagi lembaga keuangan seperti bank, koperasi, dan Permodalan Nasional Madani (PNM).

"Saya mendorong pemerintah dan otoritas keuangan agar segara memperkuat perbankan untuk rakyat kecil, koperasi, dan UMKM. Berikan akses dan prosedur yang lebih mudah serta perluas jangkauan hingga ke seluruh pelosok negeri," tandasnya.

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

KPK Periksa 18 Saksi Terkait Kasus Bupati Puput

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:51 WIB

Dodi Reza Alex Noerdin Terjaring OTT KPK?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:19 WIB

KPK Gelar OTT di Musi Banyuasin

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:13 WIB

Arsul Sani: Pinjol Ilegal Lebih Sadis dari Rentenir

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:33 WIB

Polri Tangani 371 Kasus Pinjol Ilegal Sepanjang 2021

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:44 WIB

Polri Siap Tampung Mantan Pegawai KPK yang Gagal TWK

Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:01 WIB
X