• Sabtu, 4 Desember 2021

KPK: Kalau Benar Azis Syamsuddin Punya Orang Dalam, Monggo Novel Baswedan Serahkan Buktinya

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:07 WIB
Gedung KPK
Gedung KPK

Bicaralah.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempersilahkan mantan penyidik senior, Novel Baswedan untuk menyerahkan nama-nama yang dianggapnya sebagai "orang dalam" mantan Wakil Ketua DPR-RI, Azis Syamsuddin, yang juga tersangka kasus suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Lampung Tengah, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto, mengklaim, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan sebelum Novel Baswedan dan 56 mantan pegawai KPK lainnya menggulirkan informasi adanya orang dalam tersebut.

"Di tahap awal, sebelum teman-teman yang masuk TWK itu sudah memeriksa, nama-nama disitu tidak ada. Yang dikatakan oleh Novel ada tujuh kalau enggak salah yang sempat keluar di media, itu siapa saja enggak ada, namanya enggak ada," papar Karyoto kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Azis Syamsuddin Punya Delapan Orang di KPK yang Bisa Dikendalikan

Karyoto pun menyinggung terkait pemberitaan salah satu media yang juga menyeret namanya terkait perkara yang menjerat Azis dan Robin.

"Bahkan kalau enggak salah ya, di Tempo, nama saya mencuat. Saya gak mau panjang lebar dengan Tempo, saya enggak tahu lah hubungan dengan saya kurang harmonis gitu. Jadi saya juga heran, bahkan yang namanya Robin itu sendiri, saya tahu mukanya itu Robin, itu pada saat di sini sebelum pers rilis. Apalagi dia mengatakan setor ke atasan, atasan dia masih ada Kasatgas, masih ada Direktur, di atas Direktur ada Deputi. Suruh tanya saja nanti di pengadilan lewat pengacaranya siapa. Kenapa siapa?" jelas Karyoto.

"Bahkan di berita itu saya 'diendors' dua kali oleh Pak Azis Syamsuddin. Mungkin saya tahu beliau, tapi beliau kenal saya juga enggak lah. Kalau sekarang kenal karena sama-sama posisinya, saya kenal beliau sebagai pejabat di DPR, dia kenal saya sebagai Deputi. Hanya itu saja. Sebatas itu, kenal yang namanya pribadi mungkin tidak," sambung Karyoto.

Baca Juga: KPK Jemput Paksa Azis Syamsuddin

KPK juga sejak awal sudah bertanya-tanya dan menelusuri siapa insan KPK yang termasuk dalam "orang dalam" Azis Syamsuddin. Namun, menurut Karyoto, tidak ada informasi yang diperoleh.

"Sehingga kalau misalnya Novel mau ini dari awal harusnya buktinya apa. Kami juga sebenarnya sempat bertanya-tanya, yang mana, siapa yang ini. Tidak menyebutkan si A si B si C-nya tidak ada itu. Ya makanya saya tidak tahu apakah ini hanya untuk meramaikan teman-teman TWK atau apa, saya enggak tau maksudnya apa," tukas Karyoto.

Halaman:

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

Kejagung Harus Berani Sikat Mafia Tanah dan Pelabuhan

Minggu, 14 November 2021 | 14:03 WIB
X