• Sabtu, 4 Desember 2021

Pemerintahan Jokowi-Maruf Harus Perbaiki Tiga Hal Ini di Sisa Masa Jabatan

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:42 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan  Wakil Presiden Maruf Amin
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin

Bicarlah.com - Dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin memang masih banyak kekurangan. Namun, ada tiga hal penting yang harus menjadi evaluasi dan segera dilaksanakan pemerintah.

Analis Politik dan Ilmu Pemerintahan, Diding Badjuri, menjelaskan, hal pertama yang harus ditingkatkan adalah penegakan supremasi hukum, agar masyarakat tidak lagi menemukan kasus diskriminasi hukum di Indonesia.

"Masih banyak terjadi ketimpangan dalam proses penegakkan hukum, sehingga perlu adanya peningkatan dan keseriusan dalam penanganan hukum," ujar Diding Badjuri, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: 2 Tahun Kepemimpinan Jokowi, Makin Mesra Dalam Pelukan Oligarki

Kedua, sambung Diding, Presiden Jokowi harus memenuhi harapan masyarakat soal pemberantasan tindakan korupsi.

"Saat ini penegakkan dan komitmen pemberantasan tindak pidana korupsi belum menunjukkan adanya keseriusan. Sesuai dengan janji kampanye," sambung Diding.

Terakhir, imbuh Diding, Presiden Jokowi juga harus segera memulihkan perekonomian pascapandemi. Dan pemulihannya perlu dilakukan secara konkrit, terencana dan terintegrasi.

"Hal yang paling krusial saat ini ialah bagaimana pemimpin mampu menggerakan kabinetnya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi lebih maju," tandasnya.

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

Kejagung Harus Berani Sikat Mafia Tanah dan Pelabuhan

Minggu, 14 November 2021 | 14:03 WIB
X