• Sabtu, 29 Januari 2022

KPK Janji Bakal Panggil Pejabat yang Terlibat di Bisnis PCR

- Jumat, 5 November 2021 | 12:05 WIB
Gedung KPK
Gedung KPK

Bicaralah.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pastikan bakal menindaklanjuti laporan Partai Rakyat Adil Makmur yang menduga adanya tindak pidana korupsi dalam bisnis tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang melibatkan beberapa pejabat negara

Direktur Penyidikan KPK, Setyo Budiyanto mengapresiasi kepada masyarakat atau kelompok yang memberikan informasi atau melaporkan secara resmi terhadap masalah PCR yang menjadi perbincangan di masyarakat.

Pemanggilan sejumlah pihak, kata Seyo, nantinya akan dilakukan usai melakukan telaah dan verifikasi atas laporan terkait menteri yang berbisnis PCR.

Baca Juga: PRIMA Minta KPK Periksa Pejabat Negara yang Terlibat Bisnis Tes PCR

"Tentu ini memerlukan mekanisme, artinya nanti akan diterima oleh di Direktorat Dumas, kemudian akan ditelaah," ujar Budiyanto kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (4/11/2021).

Telaah yang dimaksud Budiyanto adalah, laporan tersebut akan diperiksa apakah kewenangan KPK sesuai dengan Pasal 11 UU KPK atau tidak.

"Itu dulu yang paling penting. Nah kalau sudah sesuai, maka nanti akan ditindaklanjuti dengan kegiatan lainnya. Ada klarifikasi, ada permintaan data, informasi dan lain-lain," kata Budiyanto.

Baca Juga: ProDEM: Pembiaran Pejabat yang Terlibat Bisnis PCR Bukti Jokowi Cuma Presiden Boneka

Budiyanto pun mengaku tidak bisa menyampaikan secara detail terkait siapa saja nantinya yang akan dimintai keterangan.

"Jadi, masih butuh proses, kami tidak akan menjawab apakah harus klarifikasi ke siapa-siapanya, itu merupakan pola kerja," katanya.

Halaman:

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

Kejagung Harus Berani Sikat Mafia Tanah dan Pelabuhan

Minggu, 14 November 2021 | 14:03 WIB
X