• Sabtu, 29 Januari 2022

Iwan Sumule: Pak Luhut Sungguh Lucu dan Menggemaskan, Mestinya Dia yang Diaudit Malah Mau Audit Orang Lain

- Minggu, 14 November 2021 | 14:26 WIB
Iwan Sumule 2
Iwan Sumule 2

Bicaralah.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dinilai semakin kalut. Bagaimana tidak? Belum rampung persoalannya terkait bisnis PCR di tengah kesulitan ekonomi rakyat akibat pandemi Covid-19, Menko Luhut kini juga dibuat geram dengan pernyataan dari Lembaga Swadaya Masyarakat di Indonesia yang mempermasalahkan deforestasi.

Menurut Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule, ancaman Menko Luhut untuk mengaudit LSM-LSM merupakan tanda bahwa yang bersangkutan sedang kalut.

“Tampaknya Tuan Luhut makin kalut,” tukas Iwan Sumule, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga: Pejabat Diduga Bisnis PCR, ProDEM: Bila Merujuk UU 28/1999, Luhut Harusnya Ditangkap dan Diadili

Sejatinya, kata Iwan Sumule, yang pertama kali harus diaudit adalah Luhut. Audit itu berdasarkan dugaan mengeruk untung dalam bisnis PCR yang dilakukan PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI), di mana pihaknya menanamkan saham di perusahaan itu.

Yang terjadi justru sebaliknya. Luhut justru ingin mengaudit LSM yang kritis pada deforestasi di tanah air.

“Mestinya dia yang pertama dan utamanya harus diaudit atas berbagai dugaan KKN, malah mau audit orang lain. Anda ini sungguh lucu dan menggemaskan,” tukas Iwan.

Baca Juga: Iwan Sumule: Bila Penegak Hukum Berani Sidik Dugaan Keterlibatan Luhut dalam Berbagai Proyek, Ya Pasti Kena

Menko Luhut sebelumnya geram dengan bantahan dari kalangan aktivis lingkungan mengenai data deforestasi yang pemerintah klaim menurun.

Dia mempertanyakan sumber data-data yang dimiliki LSM itu. Alasannya karena data pemerintah juga didapat dari sejumlah lembaga internasional.

Halaman:

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejagung Harus Berani Sikat Mafia Tanah dan Pelabuhan

Minggu, 14 November 2021 | 14:03 WIB
X