• Rabu, 29 September 2021

Tepis Survei Pilpres 2024, Analis: Cuma Rizal Ramli yang Punya Paket Lengkap Dibutuhkan Rakyat Indonesia

- Jumat, 10 September 2021 | 15:25 WIB
RR
RR

Analis Sosial Universitas Bung Karno menanggapi banyaknya survei yang menampilkan sejumlah tokoh dalam Pilpres 2024 mendatang. Sebagaimana diketahui, sejumlah nama yang muncul dalam Pilpres tersebut yakni, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Puan Maharani, Airlangga Hartarto dan beberapa tokoh lainnya dari partai politik.

Terkait hal ini, Muda Saleh mengatakan bahwa Indonesia akan tidak jauh berbeda jika masih dipimpin oleh orang-orang yang masih berada dalam lingkaran pemerintah saat ini.


“Bagaimana tidak, semua tokoh yang ditampilkan adalah orang-orang yang ada dalam eksekutif dan legislatif. Kan kita bisa lihat kinerja mereka dalam menyelesaikan berbagai masalah di Indonesia, terutama pandemi covid-19 ini,” tegasnya, dalam keterangan resmi hari ini.


Muda bahkan menilai bahwa sejumlah nama yang muncul dalam baliho-baliho menunjukkan ketidak pedulian tokoh politik di masa pandemi. “Pasalnya mereka asik menari-nari politik disaat masyarakat sedang kelaparan dan ketakutan atas peraturan yang diterapkan pemerintah,” tegasnya.


Adapun menurutnya sudah saatnya Indonesia memiliki pemimpin yang berada dari luar pemerintahan dalam lima tahun terakhir.


“Saya gak percaya Indonesia bisa maju seperti yang akan dijanjikan oleh tokoh-tokoh politik, siapapun itu. Karena mereka semua sarat akan kepentingan oligarki,” sambungnya.


Menurutnya, sosok yang paling pantas memimpin bangsa dan negara yang dalam kondisi carut marut ini adalah Rizal Ramli. “Bayangkan saja, jika ada kepentingan pribadi dalam pemerintahan saat menjabat sebagai menteri, Rizal Ramli itu pasti melakukan kebijakan yang menguntungkan dirinya ataupun kelompoknya. Tapi apa, baru saja duduk di kursi menteri di era pertaman Jokowi, ia langsung mengambil kebijakan soal penghentian pembelian pesawat pemesanan 30 pesawat Airbus A350 XWB oleh PT Garuda Indonesia Tbk, hasilnya apa sekarang, Garuda sekarat kan?,” tanya Muda.


Selain itu menurutnya, Rizal Ramli adalah tokoh yang mampu menjalin hubungan baik dalam maupun luar negeri. “ Aduuh, tulisannya aja banyak banget di media internasional, krisis ekonomi… media internasional yang wawancarai Rizal Ramli, dan memang beliau itu kan mantan anggota tim panel penasihat ekonomi PBB,” ungkapnya.


Rizal Ramli menurut Muda memiliki keriteria yang sangat lengkap untuk menjadi seorang presiden di Indonesia. “Dari Papua, sampai Aceh, berbagai daerah dan kultur beliau sangat diterima. Meski awalnya orang melihat Rizal Ramli dari kritikan-kritikan pedasnya terhadap pemerintah, tapi lama-lama orang melihatnya dari ketulusannya untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik, dan ini gak bisa ditutup-tutupi kok,” tegasnya lagi.


Sementara itu terkait kepentingan partai politik, mantan Menko Ekuin Era Gusdur ini kata Muda sangat layak, karena program yang disampaikan Rizal Ramli soal parpol dibiayai negara sangat ideal.

Halaman:

Editor: Rosita Prastiwi

Terkini

Taliban Eksekusi Pemimpin ISIS-K Sejak Bulan Lalu

Selasa, 28 September 2021 | 10:52 WIB

ProDEM: Rapatkan Barisan Lawan PT Sentul City!

Sabtu, 25 September 2021 | 13:55 WIB

NFT, Jenis Aset Digital Paling Populer di Pasar

Jumat, 24 September 2021 | 14:54 WIB

Vaksinasi di Depok Capai 60 Persen dari 1,6 Juta Jiwa

Kamis, 23 September 2021 | 19:51 WIB

Alami Pendarahan Otak, Tukul Arwana Dilarikan ke RS

Kamis, 23 September 2021 | 09:59 WIB

Anak-anak Sudah Boleh Masuk Mal, Tapi...?

Selasa, 21 September 2021 | 13:50 WIB

Menjadi Sasaran Aksi Vandalisme, Tugu Sepatu Nasibmu Kini

Selasa, 21 September 2021 | 09:40 WIB

Terpopuler

X