• Rabu, 27 Oktober 2021

Fumio Kishida Sahabat Rizal Ramli Resmi Jadi PM Baru Jepang

- Senin, 4 Oktober 2021 | 16:50 WIB
Fumio Kishida menyambut kedatangan tokoh nasional Rizal Ramli di Kantor LDP, Jepang pada akhir Januari 2018
Fumio Kishida menyambut kedatangan tokoh nasional Rizal Ramli di Kantor LDP, Jepang pada akhir Januari 2018

Bicaralah.com - Parlemen Jepang resmi memilih Fumio Kishida sebagai Perdana Menteri (PM) menggantikan Yoshihide Suga yang mengundurkan diri.

Dilansir AFP, Senin (4/10/2021), Kishida mengalahkan kandidat populer Tao Kono, yang memimpin program vaksinasi virus Corona (COVID-19) di Jepang dalam voting pemilihan Ketua Partai Demokratik Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang pada pekan lalu.

Sahabat tokoh nasional Rizal Ramli itu dengan mudah memenangkan voting di majelis rendah parlemen pada Senin (4/10/2021) waktu setempat. Kishida resmi terpilih sebagai PM Jepang dengan 311 suara pendukung, melawan 124 suara untuk pemimpin oposisi Yukio Edano.

"Majelis ini menunjuk Fumio Kishida sebagai Perdana Menteri," tegas ketua majelis rendah dalam parlemen Jepang, Tadamori Oshima, usai voting digelar.

Meski majelis tinggi dapat menggelar voting sendiri, tetap saja majelis rendah yang memegang kendali atas keputusan itu. Voting akan digelar majelis tinggi tak lama setelah voting majelis rendah.

Kishida membungkukkan badan untuk berterima kasih kepada para anggota parlemen usai voting digelar, namun dia belum memberikan komentar. Sebelumnya, dia hanya memberitahu wartawan setempat bahwa dirinya siap untuk pekerjaan barunya ini.

"Saya pikir itu akan menjadi awal yang baru dalam arti sebenarnya," sebutnya. "Saya ingin menghadapi tantangan dengan kemauan yang kuat dan tekad yang teguh untuk menghadapi masa depan," sambung Kishida.

Kishida secara luas dianggap sebagai sosok yang bisa diandalkan, yang mendapat dukungan dari faksinya sendiri dalam LDP dan diperkirakan tidak akan menyimpang secara signifikan dari kebijakan pemerintah yang sudah ada.

Kishida terpilih setelah Suga mengundurkan diri sebagai PM Jepang usai setahun menjabat.

Terkait dengan pengumuman kabinet baru, Kishida berjanji akan segera membentuk kabinet, dan tetap mempertahankan sejumlah menteri pada jabatan penting.

Halaman:

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

Tabrakan LRT Jabodetabek Diduga Akibat Human Error

Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:30 WIB

Sabar Menanti Pemerintah Minta Maaf

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:52 WIB

43 Negara Kecam China Soal Uighur

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:33 WIB

Nigeria Berduka Atas Wafatnya Colin Powell

Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:28 WIB

Suami Atlet Kenya Agnes Tirop Dibekuk Polisi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:38 WIB
X