• Sabtu, 4 Desember 2021

Colin Powell: Mantan Menteri luar negeri AS Meninggal Dunia Akibat Covid-19

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:57 WIB
Colin Powell, Mantan Menteri luar negeri AS era Presiden George W. Bush
Colin Powell, Mantan Menteri luar negeri AS era Presiden George W. Bush

Bicaralah.com - Mantan menteri luar negeri kulit hitam pertama Amerika Serikat (AS) Colin Luther Powell tutup usia pada usia 84 tahun akibat Covid dan penyakit komplikasi lain. Powell menjabat sebagai Menlu AS era Presiden George W. Bush pada 2001-2005 lalu.

Kematiannya diumumkan oleh keluarga melalui postingan Facebook.

"Jenderal Colin L. Powell, mantan Menteri Luar Negeri AS dan Ketua Kepala Staf Gabungan, meninggal pagi ini karena komplikasi dari Covid-19," tulis keluarga Powell di Facebook, Selasa (19/10/2021).

Keluarganya mengatakan Powell tetap mengalami gejala berat Covid-19 meski sudah divaksin lengkap.

Keluarga tidak menjelaskan vaksin apa yang dia terima atau apakah dia mendapat suntikan booster. Keluarga juga tidak menjelaskan kapan Powell jatuh sakit, kapan dia mungkin dirawat di rumah sakit dan apakah dia mungkin memiliki kondisi kesehatan mendasar yang berkontribusi pada penyakitnya.

Powell menderita multiple myeloma, salah satu jenis kanker darah yang berkembang di sel plasma sumsum tulang. Jenderal bintang empat tersebut juga menderita penyakit parkinson.

Powell adalah salah satu tokoh kulit hitam paling terkemuka di Amerika selama beberapa dekade. Dia juga menjadi orang kulit hitam yang menjabat sebagai Menlu AS .

Bagi publik Amerika, dia dipuji layaknya pahlawan karena jasa-jasa militer dan diplomatiknya, namun bagi warga Irak dia dianggap sebagai salah satu penjahat perang.

Dialah pejabat Amerika yang meyakinkan Dewan Keamanan PBB pada tahun 2003 untuk membenarkan perang yang menghancurkan Irak.

Powel terus dikenang atas pidato kerasnya yang kontroversial pada 5 februari 2003 lalu di Dewan Keamanan PBB. Saat itu ia menyebut bahwa Presiden Irak Saddam Hussein seseorang yang berbahaya bagi dunia lantaran negaranya memiliki persenjataan kimia dan biologi.

Powell meninggalkan seorang istri, Alma Vivian (Johnson) Powell, yang dinikahinya pada 1962, serta tiga anak.

Editor: Hendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Perketat Pengawasan Prokes Jelang Nataru

Selasa, 2 November 2021 | 12:25 WIB

Tabrakan LRT Jabodetabek Diduga Akibat Human Error

Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:30 WIB

Sabar Menanti Pemerintah Minta Maaf

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:52 WIB

43 Negara Kecam China Soal Uighur

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:33 WIB
X