• Sabtu, 29 Januari 2022

Rizal Ramli Optimis Ekonomi Bisa Tumbuh 8 Persen Bila Indonesia Tak Dikuasai Oligarki

- Jumat, 5 November 2021 | 10:48 WIB
Tokoh nasional, Rizal Ramli
Tokoh nasional, Rizal Ramli

Bicaralah.com - Begawan ekonomi, Rizal Ramli optimis dapat membalikkan situasi perekonomian Indonesia saat ini menjadi lebih baik di saat pergantian rezim.

Rizal memaparkan beberapa langkah-langkah untuk membuat kondisi rakyat Indonesia menjadi lebih baik.

Pertama, kata Menko Ekuin era pemerintahan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ini, perubahan diawali dengan pemilihan anggota DPR maupun DPRD. Rizal berharap, partai politik nantinya dibiayai oleh negara.

"Saya sudah hitung budgetnya sekitar Rp 30 triliun. Kalau ada 17 partai, masing-masing dapat Rp 1 triliun, sisanya berdasarkan jumlah suara. Tidak ada lagi threshold nanti. Kita akan ubah ini semua. Dan perubahan itu juga harus di DPR," ujar Rizal Ramli dalam Youtube Chanel, yang ditulis Bicaralah.com, Jumat (5/11/2021).

Baca Juga: Janji Jokowi Ekonomi Meroket Cuma Omong Kosong

Mantan Anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu mengungkapkan, di awal pemerintahan rezim Soeharto, lebih dari setengah anggota DPR pada waktu itu adalah simpatisan PKI dan pendukungnya disingkirkan dan diganti dengan anak-anak muda.

"Sehingga DPR-nya pun dibongkar. Nanti juga kalau ada perubahan tidak cukup hanya ganti presiden, kita harus bongkar DPR yang brengsek ini, yang cuma jadi alat dari oligarki. Kecuali mereka berubah. Tapi tidak ada agak-agaknya berubah, apa aja yang pemerintah mau, digolin, tidak usah ada DPR," tegas Rizal.

Rizal pun optimis dan mengaku sudah mengetahui cara untuk memperbaiki bangsa Indonesia.

"Kita udah tahu caranya bagaimana, begitu ada perubahan, ekonomi akan kita balikan tumbuh ke delapan persen tahun pertama, setelah itu tumbuh double digit supaya kita bisa mengejar negara-negara Asia lainnya," tegas Rizal.

Baca Juga: Rizal Ramli Pernah Beri Saran Vietnam Agar Ekonomi Bisa Maju, Aktivis: Sayang, di Indonesia Justru Dicaci Maki

Halaman:

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

Pemerintah Perketat Pengawasan Prokes Jelang Nataru

Selasa, 2 November 2021 | 12:25 WIB

Tabrakan LRT Jabodetabek Diduga Akibat Human Error

Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:30 WIB

Sabar Menanti Pemerintah Minta Maaf

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:52 WIB

43 Negara Kecam China Soal Uighur

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:33 WIB
X