• Rabu, 27 Oktober 2021

Peringat Kampus di Indonesia Anjlok, Rizal Ramli: Bacanya Gak Tega!

- Jumat, 18 Juni 2021 | 11:00 WIB
RIzal Ramli
RIzal Ramli

Tokoh nasional Rizal Ramli mengaku prihatin dengan menurunnya peringkat kampus di indonesia. Hal ini berdasarkan dimana adanya laporan dari Times Higher Education (THE) yang merilis daftar-daftar kampus terbaik di Asia tahun 2021.

"Begitu saya baca laporan itu, perasaan ngenes ya, merasa terhina," tegasnya, dikutip dari chanel Youtube Hotspots Bang Arief.


Sosok yang juga merancang skema pendidikan enam tahun di era Soeharto ini menceritakan saat ia menimba ilmu di Institus Teknologi Bandung pada aera tahun 1970-an silam. "ITB zaman kuliah saya dulu 40 tahun lalu (peringkatnya) di bawah 100. Kok hari ini 313 baca saja enggak tega. sebegitu anjlok, UI juga sama dengan yang lain-lain,"  tegasnya.


Adapun menurutnya, dengan turunnya peringkat kampus di dalam negeri menjadi pernyataan besar bagi dirinya. "Kok anjlok ada apa?" sambung mantan Menko Maritim itu.


Rizal menilai, bahwa penilian kualitas kampus tidak hanya akademik mahasiswa, tapi juga dunia risetnya. Universitas yang Asia lumayan bagus, risetnya kuat. Sementara itu, terkait dunia pendidikan di dalam negeri katanya, riset hanya permainan administratif untuk mengumpulkan poin atau angka kumulatif bagi para dosen yang ingin menjadi lektor kepala.


"Jadi inilah sistem yang merusak. Penilaian riset dan kualitas akademik berdasarkan poin-poin kumulatif administratif bukan akademik," paparnya.


Diberitakan sebelumya, peringkat sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia mengalami penurunan signifikan berdasarkan daftar peringkat terbaru yang dikeluarkan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia The Times Higher Education (THE) yang kembali merilis THE Asian University Ranking 2021


Diketahui, Universitas di Indonesia tertinggal jauh dari peringkat universitas negara tetangga, Malaysia. Kondisi ini sungguh memprihatinkan sejumlah pihak, termasuk sejumlah akademisi.


Sejumlah universitas di Malaysia mengungguli kampus di Indonesia dalam daftar peringkat yang dikeluarkan lembaga pemeringkatan kampus dunia THE dalam kategori Asian University Ranking.


Data terbaru tahun 2021 menunjukkan University of Malaya (UOM) berhasil menduduki peringkat ke-49 di Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Kuala Lumpur ini sekaligus menjadi kampus nomor satu di negeri jiran tersebut.

Halaman:

Editor: Faisal

Terkini

Nadiem Janji Basmi Tiga Dosa di Dunia Pendidikan

Kamis, 23 September 2021 | 09:38 WIB

HNW Desak Menag Tunda PTM Madrasah

Jumat, 18 Juni 2021 | 13:00 WIB

Beranikah Nadiem Hentikan Rencana PPN Sekolah?

Rabu, 16 Juni 2021 | 15:00 WIB

Belajar Tatap Muka, Guru Divaksin Dulu ya?

Jumat, 11 Juni 2021 | 15:00 WIB
X