• Rabu, 27 Oktober 2021

Ganjar Pranowo Harus Angkat Kaki Dari PDIP Bila Ngotot Maju di Pilpres 2024

- Senin, 20 September 2021 | 17:32 WIB
Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo

Bicaralah.com - Keputusan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengesampingkan survei elektabilitas dalam menentukan figur yang akan diusung sebagai calon presiden (capres) sejatinya disadari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk menahan nafsu politiknya bertarung dalam kontestasi Pilpres 2024 melalui partai berlambang banteng gemuk dengan moncong putih.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun, mengatakan, kalaupun Ganjar Pranowo tetap ngotot untuk maju di Pilpres 2024, maka ia harus angkat kaki dari PDI Perjuangan, partai politik yang membesarkannya.

Memang, diakui Rico, elektabilitas Ganjar Pranowo di berbagai lembaga survei stabil di peringkat tiga besar. Namun, PDIP dikabarkan tengah menyiapkan Puan Maharani sebagai calon presiden yang elektabilitasnya jauh di bawah Ganjar.

Menurutnya, jika Ganjar masih bertahan di PDIP, maka niatannya untuk berlaga di Pilpres 2024 akan sia-sia sekalipun elektabilitasnya bagus. Karena tiket capres PDIP adalah mutlak hak Megawati sebagai Ketua Umum.

"Biarpun elektabilitas Ganjar tinggi tapi kalau dia tidak punya tiket, ya dia tidak akan maju Pilpres nanti," ujar Rico, Senin (20/9/2021).

Rico juga berharap ada gerakan bersama yang dilakukan tokoh-tokoh yang berpotensi maju di Pilpres 2024 untuk memperjuangkan penghapusan ambang batas pencalonan atau presidential threshold 20 persen.

Selama syarat itu masih ada, maka cara PDIP tidak berpedoman pada survei bisa ditiru partai politik lain. Pasalnya, tiket capres akan menjadi kendali penuh ketua umum partai politik.

"Dengan jalan ini (berjuang menghapus PT 20 persen), apabila tokoh potensial seperti Ganjar mau maju kan beliau bisa mencari dukungan dari partai manapun," tandasnya.

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

PRIMA Siap Gelar Pelantikan Pengurus se-DKI Jakarta

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:02 WIB

DPC PDIP Garut Pastikan Steril Dari Barisan Celeng

Senin, 18 Oktober 2021 | 14:39 WIB
X