• Sabtu, 4 Desember 2021

Kajian Lab 45: Pemberitaan Bernada Negatif Lebih Banyak Ketimbang Positif Selama Satu Tahun Ini

- Senin, 18 Oktober 2021 | 11:16 WIB
Laboratorium 45
Laboratorium 45

Bicaralah.com - Hasil penelitian Laboratorium 45 menyebut bahwa selama periode Oktober 2020 hingga Oktober 2021, ada kecenderungan berita terkait politik dan keamanan menyumbang pemberitaan yang cukup besar. Seiring dengan itu, isu-isu ekonomi juga cenderung diwartakan dengan tone yang relatif positif.

“Kalau dua klaster pemberitaan lainnya disebutkan perempuan dan orang muda juga demikian tidak terlalu besar dengan klaster sebelumnya, tapi isu perempuan itu dia cenderung seperti pemberitaan polkam, cenderung negatif dibandingkan isu-isu yang diciptakan terkait orang muda,” ungkap Peneliti Laboratorium 45, Iis Gindarsah, dalam webinar dengan tema "Tilik Tahun Kedua Jokowi-Maruf Amin”, Minggu (17/10/2021).

Jika secara agregat, menurut Iis, secara keseluruhan pemberitaan relatif berimbang antara yang mengandung sound bite dengan pemberitaan yang mengandung noise. Atau, pemberitaan positif dan negatif cenderung berimbang.

"Tapi memang secara keseluruhan pemberitaan yang mengandung noise, atau mengandung nada negatif itu cenderung lebih banyak daripada pemberitaan yang mengandung nada positif,” tukas Iis.

Untuk hal yang positif, puncak pemberitaan yang ramai diperbincangkan masyarakat terjadi pada Oktober 2020 lantaran adanya isu Omnibus Law UU Cipta Kerja.

"Kalau kita lihat positifnya itu pemberitaannya ada di bulan Oktober 2020 karena ada pemberitaan soal pro kontra terkait omnibuslaw UU Cipta Kerja yang diberitakan cukup masif,” ujarnya.

"Titik spike yang tinggi itu ada di bulan Maret 2021, kalau kita lihat mengalami lonjakan tidak hanya secara umum tapi juga khusus terkait dengan bidang politik dan keamanan,” tutupnya.

Laboratorium Indonesia 2045 telah melakukan kajian terkait isu-isu yang muncul di tengah masyarakat secara multidimensional dan perkembangan global baik politik dan ekonomi yang berdampak strategis pada kemajuan Indonesia.

Lab 45 melakukan kajian secara komprehensif ini sejak 1 Oktober 2020 hingga Oktober 2021 dengan mengategorikan empat klaster. Yakni soal politik ekonomi, politik keamanan, anak muda, dan perempuan.

Editor: Tri Wibowo Santoso

Terkini

X