• Sabtu, 4 Desember 2021

Rizal Ramli Siap Bereskan Garuda Indonesia, Asalkan Presidential Treshold Dihapuskan

- Senin, 25 Oktober 2021 | 20:01 WIB
Rizal Ramli
Rizal Ramli

Bicaralah.com – Begawan ekonomi Rizal Ramli siap membereskan PT Garuda Indonesia yang dikabarkan akan pailit karena kesulitan keuangan apabila pemerintah membutuhkan kontribusinya.

Bahkan, mantan Menko Ekuin era pemerintahan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu akan membereskan flag carrier tersebut meski tidak dibayar atau diberi jabatan apapun. Namun, dia mengajukan satu syarat yaitu Presiden Jokowi menghapuskan presidential threshold (ambang batas pencalonan presiden).

Kagak usah gue diangkat jadi komisaris, preskom atau apapun. Tapi gue kasih wewenang gue beresin, pasti beres. Cuma syaratnya presidential threshold dibikin nol. Dulu saya pernah kok menyelamatkan garuda yang dibuat bangkrut sama kreditor tahun 2001,” ujar Rizal Ramli dikutip dari kanal Youtube, Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga: BEI Stop Perdagangan Saham Garuda, Beranikah Jokowi Tukar PT 0% dengan Rizal Ramli?

Mantan Anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu mengatakan bahwa penghapusan presidential threshold merupakan solusi yang baik untuk bangsa Indonesia ke depan.

“Ini solusi yang bagus, supaya sistem politiknya amanah, bersih,” ujarnya.

Dilansir Bisnis.com, Garuda Indonesia terancam bangkut. Kondisi tersebut tak terlepas dari utang BUMN maskapai penerbangan ini yang sudah menggunung. Belum lagi, kondisi keuangan semakin berdarah-darah akibat pandemi Covid-19 yang berimbas pada perjalanan udara menjadi terbatas dan jumlah penumpang anjlok drastis.

Baca Juga: Rizal Ramli Pernah Selamatkan Garuda Indonesia Dari Krisis di Tahun 2000, Warganet: Kalau Dimintai Tolong Lagi, Syaratnya Barter PT 0% Pak

Garuda sudah melakukan PHK hingga pengembalian pesawat pada lessor. Maskapai flag carrier ini juga tengah menghadapi sidang gugatan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang bisa berujung status pailit.

Manajemen Garuda Indonesia menyebut saat ini perseroan masih melakukan berbagai upaya pemulihan kinerja, termasuk upaya restrukturisasi utang.

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

X