• Sabtu, 29 Januari 2022

Jokowi Calonkan Andika Sebagai Panglima TNI Karena Faktor Kebutuhan dan Kemampuan

- Senin, 8 November 2021 | 10:54 WIB
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Jenderal TNI AD, Andhika Perkasa
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Jenderal TNI AD, Andhika Perkasa

Bicaralah.com - Keputusan Presiden Joko Widodo merekomendasikan Jenderal TNI AD Andika Perkasa sebagai Panglima TNI dinilai untuk kebutuhan melanjutkan konsolidasi di jajaran TNI.

Selain itu, pertimbangan Presiden menunjuk Andika karena dipandang memiliki kemampuan dalam menghadapi berbagai tantangan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Menurut saya, itulah alasan pokok presiden mengajukan Andika Perkasa (sebagai calon Panglima TNI)," ujar menurut Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, di Jakarta, Minggu (7/11/2021).

Baca Juga: Menyedihkan, Pengamat Bilang Hadi Tjahjanto Selama Menjabat Panglima TNI Tak Punya Prestasi

Terkait adanya wacana bahwa Andika Perkasa berpeluang maju di Pilpres 2024 setelah selesai menjabat Panglima itu, Karyono mengatakan, hal itu persoalan lain. Bukan bagian dari skenario penunjukkannya sebagai calon tunggal Panglima TNI.

"Bahwa ada pihak yang berpendapat posisi Andika sebagai panglima bisa menjadi batu loncatan untuk melaju pada kontestasi Pilpres 2024 menurut saya itu bagian dari kebebasan berpendapat. Saya menilai, itu merupakan pendapat spekulatif," paparnya.

Baca Juga: Jokowi Kirim Surat Calon Panglima TNI ke DPR

Namun demikian, kalaupun Andika memiliki hasrat untuk maju sebagai calon presiden atau calon wakil presiden, itu merupakan haknya sebagai warga negara.

"Tentu setelah dia pensiun dari jabatan Panglima TNI pada Desember 2022 nanti," tandasnya.

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X