• Sabtu, 29 Januari 2022

Bila Reshuffle Terjadi, Banyak Pihak Incar Kursi Mendagri

- Senin, 8 November 2021 | 11:10 WIB
Ilustrasi Reshuffle Kabinet
Ilustrasi Reshuffle Kabinet

Bicaralah.com - Wacama perombakan Kabinet Indonesia Maju kembali menguat seiring dengan adanya penggantian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan segera pensiun. Kuat dugaan, reshuffle bertujuan untuk mengakomodir Hadi Tjahjanto dan PAN masuk dalam kabinet.

Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi menilai spekulasi tentang reshuffle amat mungkin terjadi, mengingat PAN yang sudah dideklarasikan sebagai kawan koalisi belum juga mendapat jatah kursi menteri.

Tapi, Muslim Arbi menegarai, ada satu batu sandungan sehingga proses masuknya PAN terhalang.

Baca Juga: Analis Politik: Reshuffle Semu Bukti Jokowi Abaikan Suara Kritis Dari Publik

Dugaan mengarah pada PDIP yang menurutnya perlu diberi kursi khusus oleh Jokowi. Ini mengingat PDIP merupakan pengusung utama Jokowi sekaligus partai pemenang pemilu.

Kursi khusus yang dimaksud adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Jika benar dalam waktu dekat ini dilakukan reshuffle, maka kursi Kemendagri perlu diisi dari PDIP. Apalagi kalau PAN dan Hadi Tjahjanto masuk kabinet," kata Muslim Arbi, Senin (8/11/2021).

Baca Juga: Analis Politik: Publik Tertipu Lagi, Ternyata Tak Ada Reshuffle

Bagi Muslim, pos Kemandagri memang sedang diincar oleh banyak pihak. Sebab, pos ini yang nantinya akan menentukan siapa yang akan menjadi penjabat kepala daerah jelang Pilkada 2024.

Lebih lanjut, dia menilai bahwa reshuffle juga perlu dilakukan Presiden Jokowi lantaran banyak menteri yang kurang menonjol dalam hal prestasi. Seperti Menteri Perdagangan (Mendag) dan Menteri Pertanian (Mentan).

Halaman:

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X