• Sabtu, 29 Januari 2022

Pelantikan Panglima TNI Terkesan Lambat, Apakah Menunggu Menko Maritim dan Menteri BUMN yang Baru?

- Jumat, 12 November 2021 | 12:03 WIB
Ilustrasi Reshuffle
Ilustrasi Reshuffle

Bicaralah.com - Pelantikan Jenderal TNI AD, Andika Perkasa oleh Presiden Joko Widodo yang terkesan sangat lambat mengundang pertanyaan publik. Sebab, lazimnya seseorang yang sudah mendapat persetujuan DPR RI dalam waktu dekat langsung dilantik oleh istana.

“Jenderal Andika diajukan pada Rabu Pon sebagai Panglima TNI, telah disetujui DPR-RI. Namun, kita masih menanti jadwal pelantikan,” ujar Aktivis Petisi ’28, Haris Rusly Moti, Jumat (12/11/2021).

Haris-pun lantas menduga bahwa pelantikan tersebut menunggu figur Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pengganti Andika Perkasa terlebih dahulu. Atau, Presiden Joko Widodo sedang merancang pelantikan besar, artinya akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan menteri hasil reshuffle.

“Sekadar bertanya. Mungkin saja pelantikan Panglima TNI bersamaan dengan pelantikan KSAD baru dan bersamaan dengan pelantikan menko maritim yang baru, meneg BUMN yang baru?” kata Haris.

Untuk jajaran menteri baru, Haris Rusly Moti menilai ekonomi senior DR. Rizal Ramli cocok dijadikan Menko Maritim dan Investasi menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan dan Faisal Basri jadi Meneg BUMN menggantikan Erick Thohir.

Di satu sisi, dia juga bertanya-tanya apakah dalam menentukan tanggal ini Presiden Joko Widodo menunggu hari Rabu Pon. Hari yang menurut Jokowi sakral secara spiritual.

“Bisa juga Presiden Jokowi berpegang pada nasihat para spiritualisnya untuk melantik di hari yang bertepatan dengan Rabu Pon,” tandasnya.

Editor: Tri Wibowo Santoso

Tags

Terkini

X